Format-format gambar yang banyak digunakan

blog penvector

Pastinya kamu sudah pernah menyimpan file foto atau menjumpai file gambar. Kalau kita lihat secara seksama bahwa format gambar berbeda-beda sesuai dengan kegunaanya. Apakah kamu sudah mengenal format-format gambar yang banyak digunakan, kalau belum silahkan cek berikut :

 

Format-format gambar atau foto JPG/JPEG

Format yang satu ini memiliki kelebihan yaitu dapat mengkompres kualitas gambar dengan jernih dan tinggi. Format yang satu ini sering dimanfaatkan untuk perancangan web, multimedia, banner dan lain-lain . format file jenis ini dapat menyimpan gambar dengan berbagai mode warna seperti warna RGB, CMYK dan grayscale, forama ini juga mampu membuat penyimpanan dalta alpha channer, tapi karena kebanyakan ke publikasi elektronik maka forma ini hanya berukuran relatif kecil dibandingkan dengan format file gambar lainnya,

 

Format-format gambar GIF

Berbedan dengan jpeg, forma ini hanya mampu 8 bit saja dan hanya mendukung beberapa mode warna saja seperti warna grayscale, bitmao dan indexed color. Sama dengan jpeg format ini merupakan format standar untuk publikasi elektronik dan internet. Kelebihan dari format gif adalah dapat menyimpan gambar animasi dua dimensi yang bisa di publikasikan di internet atau untuk mendesain web dan publikasi elektronik. Tapi format file ini hanya mengekstrak file dengan ukuran keci yang menfaatkan fasilittas kompresi LZW.

 

Format-format gambar PNG

Format  PNG ini bisa menggantikan dari format GIF di atas karena keduanya hampir sama. Format ini biasanya digunakan untuk menampilkan suatu objek di halaman web. Salah satu kelebihan format PNG dari adalah dapat menyimpan file dengan bit yang cukup besar yaitu sampai 24 bit dan juga dapat menghasilkan latar belakang yang tembus pandang dengan sisinya yang halus dan mampu menyimpan alpha channel.

Format-format gambar PSD

Mungkin yang satu ini kamu jarang mendengarnya karena file ini merupakan format asi dokumen milik adobe photosop. Format juga mampu menyimpan informasi layer dan alpha channel yang tercantum dalam sebuah gambar, sehingga beberapa saat akan bisa dibuka atau dapat diedit lagi. Tak hanya itu format ini juga mampu menyimpan gambar dalam berbagai macam mode warna yang sudah disediakan photosop. Kalau kamu akan mengeditnya kembali maka simpanlah gambar dalam format ini.

 

Format-format gambar BMP

Format gambar yang memiliki nama BMP mungkin asing di telinga kamu, format ini adalah format yang disediakan oleh windows  dengan gratis dn fleksibel sehingga bisa dibuka oleh beberapa program grafis lainnya. Format BMP ini mampu menyimpan informasi yang memiliki kualitas dengan tingkat sampai 24 bit. Tapi ada kelemahannya kalau menggunakan format jenis ini karena tidak mampu menyimpan alpha channerl dan ada masalah saat pertukaran platfrom. Tapi kalau kamu ingin membuat sebuah objek sebagai layar  walpepar  maka simpanlah dokumen gambar dengan format file ini. Kamu bisa mengkompress format BMP ini menggunakan kompresi RLE dan format ini mampu menyimpan gambar dalam berbagai mode warna sepertii RGB, indexed, color dan bitmap.

(Visited 704 times, 1 visits today)

JASA PEMBUATAN WEBSITE JASA PEMBUATAN SOFTWARE JASA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID