Istilah yang harus dipahami dalam ilmu design graphic

penvectorblog

sebelum kamu mempelajari tutorial tentang design graphic maka kamu harus paham terlebih dahulu tentang istilah-istilah yang ada di ilmu design graphic . Langsung saja  kita pahami tentang istilah design graphic, berikut Istilah yang harus dipahami dalam ilmu design graphic.

Istilah ilmu design graphic ruster dan vector

Selama ini kita sudah belajar tentang ilmu design graphic dan pastinya kamu sudah mendengar nama gambar ruster atau bitmap. Ruster atau bitmap adalah gambar yang berdesign kumpulan pixel atau titik yang terbentuk menjadi warna dalam bentuk tertentu.

 Isitilah ilmu design graphic ruster vector

Sebenarnya  ruster adalah foto, photoshop dan GIMP merupakan suatu program untuk mengedit foto atau ruster yang paling banyak digunakan. Dengan program ini kamu bisa merubah warna sesuka hati dan mengubah pixel suatu gambar. Pada sebuah foto mengandung beberapa pixel yang banyak sehingga saat mengubah ukurannya sangatlah rumit. Contohnya saja jika pixel suatu foto yang memiliki ukuran kecil dan dibesarkan maka kualiatas foto tersebut akan turun atau foto buram.

Dalam sebuah gambar vector terdapat 2 titik koordinat yaitu x dan y yang mana terdiri dari titik-titik. Titik-titik tersebut bergabung menjadi satu sehingga membentuk wujud tertentu dan kamu bisa menambahkan dengan warna. kalau kamu ingin mengubah ukuran gambar vector maka jangan takut kualitas gambar turun atau buram karena hal itu tidak akan terjadi untuk gambar vector. Misalnya saja software vector yang sering digunakan adalah adobe illustrator, corel draw dan inkscapae.

Gambar vector ini berbeda dengan foto yang mana memiliki sifat yang simple dan  untuk ukurannya bisa dimanfaatkan menjadi software pembuat logo atau ilustrasi atau grafis yang dapat ditempatkan diberbagai media lain tanpa kesulitan.

Istilah ilmu design graphic DPI dan PPI

Dalam dunia design graphic resolusi dapat dibagi menjadi 2 yaitu DPI dan PPI

Resolusi DPI

Saat kamu membuat atau mengubah gambar yang  akan dicetak maka kamu harus mengecek DPInya. DPI merupakan kepanjangan dari dotper inch yang memiliki jumlah titik per inch setiap halaman yan akan dicetak. Apabila dot per inci ada banyak maka kualitas yang dihasilkan akan tambah bagus. Sedangkan untuk standar DPI yang tepat untuk printing adalah 300 DPI.

Istilah ilmu design graphic Tipografi (Typography)

Secara umum tipografi merupakan suatu fitur untuk mengatur tulisan. Dalam bidang design graphic, tipografi merupakan hal dasar yang sangat penting dan setiap perancang desainer harus memahami secara betul.  Sebagai perancang desainer pasti sudah tahu antara jenis huruf serif dan sans-serif, bisa mengatur kerning dengan baik, ukuran huruf dan lain sebagainya.

Istilah ilmu design graphic Grid

Pada umumnya gird adaah berbentuk tabel catur yang bermodel garis vertical dan horizontal dan bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengatur gambar atau membuat perancanaan desain. Gird juga memiliki fungis untuk mengatur komposisi yang diperlukan dan menyeimbangkan antara tulisan dan gambar.

Istilah ilmu design graphic Logo vs Brand

Kalau kamu tidak tahu logo maka jangan bilang anak desain, logo merupakan karya graphic yang memiliki keindahan dan logo berfungsi sebagai suatu identitas instan dari perusahaan atau produk tertentu dan bagi desainer, logo merupakan suatu karya seni yang memiliki keindahan dan memberi kepuasan bagi designernya. Logo yang bagus adalah logo yang mampu membuat para klien tertarik dan mudah diingat.