Kombinasi Warna

Design by vectorpic in category Tutorial
Please Rate Our Design
[Total: 0 Average: 0]

 

 

Dalam menentukan kombinasi warna, terdapat peraturan yang cukup bermanfaat. Namun, bukan berarti warna tersebut “harus” mengikuti kombinasi tersebut. Macam-macam kombinasi tersebut adalah.

1. Warna akromatik

Warna ini hanya terdiri dari warna netral saja, yaitu warna hitam putih (grayscale). Namun, warna grayscale tersebut tidak selalu hitam dan putih 100%.

Untuk desainer pemula, sangat disarankan menggunakan palet warna grayscale, karena warna tersebut adalah warna netral yang dapat dipadukan dengan berbagai warna lain.

2. Warna monokromatik

Warna monokromatik adalah warna netral dari satu bagian warna saja. Misalkan warna hijau,

Warna monokromatik biasanya digunakan untuk membedakan gelap-terang pada objek berwarna. Warna tersebut juga biasanya digunakan untuk lebih menonjolkan efek shading dan pencahayaan pada desain kita.

3. Warna analog

Warna ini terdiri dari warna-warna yang bersebelahan, sehingga kombinasi warnanya akan terlihat lebih simpel.

4. Warna komplementer

Warna ini memiliki sifat yang saling bersebrangan. Biasanya digunakan untuk menunjukkan perbedaan fokus objek, seperti tulisan dengan background, ataupun logo.

5. Warna clash

Kombinasi warna ini terdiri dari warna primer dengan warna sekunder dari warna komplementernya. Biasanya penggunaannya untuk membedakan fokus objek juga, namun lebih terlihat jelas, karena warna primer-nya akan lebih tampak.

6. Warna triad dan split komplementer

Warna triad merupakan 3 warna primer dengan sudut 120 derajat, sedangkan warna split komplementer merupakan warna sekunder yang diambil dari 2 titik primer warna triad tersebut.

Warna triad ini, biasanya digunakan untuk menunjukkan 3 fokus objek yang berbeda. Selain itu, dapat juga digunakan sebagai kombinasi warna logo, dengan teknik tertentu seperti menyematkan warna netral diantara warna tersebut.

Kombinasi warna ini tidaklah mutlak perlu digunakan. Namun, kombinasi ini sangat membantu pada desainer untuk menemukan kombinasi warna yang baik untuk logo atau desainnya sehingga enak dilihat mata. Kombinasi-kombinasi warna tersebut dapat terlihat baik dan tidak membosankan dilihat mata, saat kita dapat meng-eksekusi-nya dengan teknik tertentu hingga cocok di mata kita.

Kombinasi warna ini akan terus berkembang seiring perkembangan jaman, jadi tetaplah bereksperimen dengan warna! Selamat berkarya!

Penulis : Wawan Hermawan

(Visited 256 times, 1 visits today)




Facebook Comment

Other Tutorial Design

Vectorpic Selection Design

Our Design