Membuat Circle Vintage Logo Menggunakan Adobe Illustrator CC

Design by vectorpic in category Tutorial
Please Rate Our Design
[Total: 2 Average: 3]

 

 

Sekarang ini, logo-logo jadul (bahasa kerennya vintage) sedang tren. Tidak heran kenapa logo dengan style ini sangat booming akhir-akhir ini, selain karena Keren!, logo ini juga bisa disebut sangat eye-catching. Nah! Kali ini kita akan memberikan sedikit ilmu untuk membuat logo vintage ini dengan menggunakan Adobe Illustrator CC.

pertama-tama, kita buka dulu program Adobe Illustrator CC dan setting artboard kita menjadi 2000 x 2000 pixel

 

 

 

 

 

 

 

 

Kedua, kita memulai dengan membuat circle atau lingkaran dengan circle tools (klik rectangle tools sekitar 2 detik)

 

 

 

 

 

 

Kemudian kita buat lingkaran tersebut sambil menekan tombol “Shift” dan posisikan tepat di tengah dengan menggunakan menu align pada toolbar (atau bisa juga klik windows > align)

 

 

 

 

 

 

 

Nah, selanjutnya kita buat pita flat dengan menggunakan rectangle tool yang berada tepat dengan circle tool yang kita pakai tadi di sekitar tengah lingkaran.

Kamu juga bisa menggunakan “free transform tools” untuk mengubah kemiringan pita tersebut, dan klik point yang berada di sisi kanan atau kiri kotak yang telah kita buat tadi, kemudian drag mouse ke atas atau kebawah.

Kita kemudian duplikat garis miring tersebut dengan menekan tombol alt +klik sambil menggeser mouse ke arah kanan. Lalu kita ubah ukuran ekor pita sesuai yang kita inginkan.

Nah, setelah itu kita perlu memindahkan pita tersebut ke belakang lingkaran agar lebih terlihat nyata dengan menggunakan klik kanan > align > send to back. Atau kamu bisa juga menggunakan shortcut “Shift+Ctrl+[“.

Nah, kita tinggal membuat ekor pita di sisi lainnya juga dengan cara yang sama dengan menduplikat ekor pita yang telah kita buat tadi.

Selanjutnya kita buat kata yang kita mau di pita tersebut dengan menggunakan “Type on Path” tool yang berada di tools menu dengan menekan Type tool selama 2 detik dan pilih Type on Path.

 

 

 

 

 

 

 

Nah, sebelumnya, jangan lupa untuk menduplikat kotak pita yang akan kita tulis tersebut, karena kotak tersebut akan digunakan seluruhnya untuk wilayah tulisan kita, jadi kita perlu duplikat agar gambar pita tersebut tidak hilang. Kemudian kita klik kotak pita tersebut dengan tools tadi dan taraaa! Ketika kita tulis kata-kata untuk logo kita, ternyata terbentuk di luar kotak tersebut!

Tenang saja, kalian tidak salah kok.. kita dapat mengatur tulisannya agar bisa berada di dalam kotak dengan klik menu “Type” di toolbar dan klik type > type on a path > Type on a Path Options, kemudian atur sesuai yang kita mau. Saya menggunakan Skew, dengan Flip di ceklis. (klik preview untuk melihat secara langsung perubahannya) jangan lupa klik OK.

Atur ukuran font hingga cocok pada pita yang kita buat tersebut.

Nah, kemudian kita buat ekor pita tersebut terlihat lebih nyata, dengan membuat potongan tajam. Kita buat dengan seleksi ekor pita dan menambahkan point menggunakan pen tool pada garis di ekor pita tersebut.

Tarik point yang kita buat tadi dengan menggunakan direct selection tool (shortcut A) ke arah dalam.

Dan lakukan juga pada sisi pita lainnya.

Logo kita hampir jadi.. sekarang kalian tinggal perlu menambahkan apapun yang kalian mau. Disini kita menambahkan lingkaran di dalam lingkaran dengan menduplikasinya menggunakan Ctrl+ C dan Ctrl+ V

Klik kanan > send to backward hingga tepat di belakang pita

Atur stroke yang ada di bawah toolbar menjadi 40

 

 

 

 

 

 

Expand lingkarannya agar terpisah antara garis dan lingkaran dalamnya pada toolbar menu “Object > expand” kemudian ungroup dengan klik kanan objek > ungroup. Seleksi lingkaran dalam, kemudian kita kecilkan dan ubah warnanya menjadi hitam.

Kamu juga bisa menambahkan efek zigzag pada lingkaran terluar dengan menekan menu “effect > distort and transform > Zigzag”

Kemudian atur sesuai yang kalian mau.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selesai!

sangat mudah ya.. selanjutnya kita akan buat logo ini tampak nyata dengan menggunakan efek lain seperti efek grunge.

 

(Visited 116 times, 1 visits today)




Facebook Comment

Other Tutorial Design

Vectorpic Selection Design

Our Design