Membuat efek grunge di adobe illustrator

Design by vectorpic in category Tutorial
Please Rate Our Design
[Total: 0 Average: 0]

 

 

Logo tanpa efek, rasanya kurang lengkap karena hidup dari desain adalah terapan, baik dari efek maupun langsung dari mockup. Apalagi kalau logo tersebut merupakan logo vintage/jadul yang sangat butuh efek “jadul” seperti efek grunge. Nah, tutorial kali ini kita akan membuat efek grunge yang diterapkan pada logo yang sebelumnya kita buat, yaitu logo vintage. Tutorial ini sangat simpel dan mudah,dan dapat diterapkan di program adobe illustrator. Efek grunge yang dibuat ini dibuat murni dari adobe illustrator untuk memberikan kesan efek vintage/jadul pada logo yang sudah kita buat.

Pertama-tama, kita buka logo vintage yang sebelumnya kita telah buat (atau kalau punya logo lain, silahkan hahaha)

Nah, kemudian kita download saja salah satu efek grunge yang ada di situs ini, yaitu di:

http://vectorpic.com/grunge-background-free-vector.html

nanti disitu kita akan download file berbentuk winRar (.rar) dan ada file grunge di dalamnya. Pilih yang support untunk adobe illustrator ya.. kalau yang satu lagi berarti kita pakai untuk corel~ wkwkwk.

Nah, ketika dibuka akan ada layar baru, klik OK saja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ketika dibuka, jangan lupa untuk ungroup dulu hingga kita dapat memisahkan gambar vektor yang diinginkan untuk dipakai sebagai efek.. (klik kanan > ungroup)

Nah, kita copy sebagian yang mau kita gunakan sebagai efek, dan paste di layar kerja kita (artboard).

Ubah warnanya menjadi putih atau sesuai selera agar dapat terlihat pada logo, duplikat jika diperlukan atau bisa ambil lagi dari efek grunge yang telah kita download tadi.

Nah, sekarang bagian intinya.. kita tinggal seleksi efek grunge yang kita pilih dan seleksi satu per satu wilayah yang akan kita berikan efek tersebut. Disini saya hanya akan memberikan efeknya hanya pada bagian dalam lingkaran hitam.

Lalu kita klik pathfinder tool (kalau belum aktif, bisa diklik window > pathfinder), klik “minus front” tool

 

 

 

 

 

 

 

Dan beginilah hasilnya!

Selesai deh ….

(Visited 121 times, 1 visits today)




Facebook Comment

Other Tutorial Design

Vectorpic Selection Design

Our Design