Mengenal dan Membedakan warna CMYK dan RGB

blogpenvector

Dalam mempelajari design graphic kamu harus mengerti perbedaan warna CMYK dan RGB. Karena hal itu merupakan pelajaran paling dasar untuk ilmu photoshop, berikut cara Mengenal dan Membedakan warna CMYK  dan RGB

Pengertian Warna CMYK artinya Warna Proses / Empat Warna

CMYK memiliiki kepanjangan yaitu Cyan magenta yellow dan black atau biasanya dikenal sebagai warna proses atau empat warna. CMYK merupakan sebuah bentuk warna yang sebagai pengurangan untuk gelombang cahaya atau substractive colors model dan paling umum yang dipakai dalam percetakan warna. sedangkank untuk membuat warna akan terdapat hasil yang relative sempurna dan dibutuhkan paling banyak 4 tinta denga jenis Cyan, magenta, yellow dan black. Nah jenis tinta tersebut yang sering dikenal dengan warna proses.  Arti dari tinta proses adalah tinya yang berfungsi untuk membuat warna dengan proses cara tertentu, contohnya saja offset, lithograpy, rotogravure, letterpress dan sablon. Hal ini berbeda dengan tinta yang digunakan satu lapisan atau single layar, dikarenkan tinta yang dapat ditumpuh dan sifat tinta tersebut harus memenuhi standar tertentu.

Terdapat kesalahan warna dalam 2 tumpuk dengan berbagai macam tinta antara lain ink trapping error yang artinya berbeda dengan layout trapping error. Iso 2846-5 merupakan standar yang diharuskan oleh badan standarisasi internasional pada warna dan nilai yang tembus pandang dari tinta yang prosesnya 4 warna CMYK masing-masing untuk membuat percetakan seperti sheet-feed dan heat-set web offset lithograpic printing, cold offset litho graphic printing, publication gravure printing, screen printing dan flexographic printing.

Saat ini teknik separasi sudah dikembangkan, menggunakan 4 tinta proses yang masih sama, tapi cara untuk menambahkan warna  tinta cetak berkembang maju. Menggunakan teknologi hifi color yang dapat dikembangkan oleh beberapa pihak antara lain pantone yang berhasil mengembangkan proses hexachrome dan opaltone. Sedangkan pada tekni digital inkjet printing, perkembangan warna juga semakin maju karena didorong maslah teknis atau adanya persaingan untuk menghasilkan warna yang sempurna sesuai permintaan pasar.

Pengenalan dan pengertian Warna RGB

RGB memiliki kepanjangan yaitu red blue green merupakan suatu wujud warna pengcahayaan yang sering digunakan sebagai input perangkat dan contohnya scanner atau keluaran perangkat seperi display monitor. Untuk warna primernya adalah red, blue dan green tergantung pada teknologi yang digunakan contohnya saha  ccd atau pmt pada scanner atau camera digital, Crt. Atau Lcd pada display monitor.

Apabila ketiga warna RGB bila digabungkan menjadi satu maka terbentuklah warna putih karena RGB merupakan warna pengcahayaan. Warna rgb merupakan sebuah prinsip warna yang dapat dipakai oleh media digital seperti televisi, monitir, scanner dan ponsel. Oleh karena itu warna yang dihasilkan oleh RGB terkesan terang dan cerah, karena  settingan suda di atur untuk display monitor dan bukan untuk cetak sehingga bebas untuk memilih warna. walaupun bebas namun tidak bebas, kenapa saya katakan demikian karena kualitas warna yang dihasilkan oleh display monitor tergantung dari grafis yang dipakai komputer, semakin grafis itu baik maka warna yang dihasilkan akan banyak. Intinya adalah warna yang digunakan oleh display adalah warna RGB sedangkan warna yang digunakan alat printing adalah warna CMYK.