Pengertian layout dalam ilmu design graphic

PENVECTORBLOG

dalam mempelajari ilmu design graphic tak lepas dari istilah layout, namun tak sedikt banyak yang belum tahu apa arti sebenarnya dar layout. Layout dalam ilmu design graphic adalah sebuah elemen design yang termasuk dalam suatu bida sehingga membuat susunuan artistik yang indah apabila kreasinya bagus. Nah layout juga bisa disebut menajemen suatu bentuk dan bidang. Layout diciptakan memiliki tujuan yaitu untuk memperlihatkan suatu elemen gambar dan teks agar bisa lebih komunikatif  untuk memudahkan para pelihat agar muda dibaca apa informasi yang disampaikan. Dalam sebuah konsep,  layout lebih familiar dengan tiga kategori yaitu :

 Kategori layout Grid System

Dalam pemahaman layout kita harus mengenal gird, gird diciptakan untuk pemecahan masalah terhadap penataan elemen-elemen visual dalam sebuah ruang.  Gird system ini difungsikan sebagai perangkat yang berguna untuk mempermudah menciptakan komposisi visual yang indah. Lewat gird system inilah seorang designer grafis dapat menciptakan sebuah alur sistematika untuk mempertahankan konsistensi saat melakukan repetisi dari suatu komposisi yang telah diciptakan. Sedangkan tujuan utama dari pemakaian gird system adalah membuat suatu design yang komunikatif dan memuaskan secara keindahan.

Kategori layout The Golden Section

Langkah dasar sebelum belajar membuat gird maka kita harus mengerti istilah-istilah dalam design graphic. Saat kamu akan membuat gird maka kamu perlu halaman perlu sebagai tempat tumpuhannya. Dalam bidang  design graphic, setiap proporsi agung menjadi hal dasar untuk membuat ukuran kertas dan hal itu sebagai penyusun keseimbangan dalam sebuah design.  Proporsi agung sendiri sudah ditemukan seja jaman kuno untuk mempersembahkan proporsi yang benar-benar sempurna dan indah.

Untuk membuat garis maka diperlukan perbandingan antara rasio 8:13 yang artinya garis yang lebih panjang akan dibagi dengan garis yang sangat pendek, sehingga hasilnya akan sama dengan pembagian panjang garis sempurna sebelum di potong dengan garis yang lebih panjang tadi.

Apa sih proporsi itu? Mungkin kamu tidak tahu atau bahkan terdengar asing di telinga kamu. Yang dimaksud proporsi adalah istilah deret  bilangan yang disebut bilangan fibonacci yaitu dere bilangan yang mana setiap bilangannya adalah suatu hasil perjumlahan dari dua bilangan sebelumnya dan memulai dari bilangan nol. Sedangkan deret bilangan ini mempunyai rasip antara 8:!3 yaitu yang sering disebut proporsi agung. Pada umumnya bilangan ini sering digunakan untuk mengukur bangunan, arsitektur, karya seni, huruf sampai layout pada halaman dikarenakan proporsinya yang cukup teratur yaitu 0 1 1 2 3 5 8 13 21 34 55 89 144 233 377……….

Setiap objek yang memiliki proporsi agung akan dapat memuaskan mata dan mencerminkan ke benda-benda alam.  Sebagai contohnya adalah ujung daun pakis dan spiral didalam ruma keong.

 Kategori layout The symetrical grid

Dalam pemahaman gird simetris  bahwa setiap halaman yang berada di kanan akan bertolak belakang sama dengan bayangan cermin dari halaman kiri. Sehingga akan memberikan dua margin yang sama bagus antara margin luar ataupun margin dalam.  Untuk mempertahankan proporsi yang bagus maka margin luar harus memiliki bidang yang cukup besar.  Ada layout klasik yang dipelapori oleh jan Tschichold pada tahun 1902-1974, beliau adala seorang  typographer yang berasal dari jerman menemukan ukuran halaman dengan rasio proporsi antara 2:3. Dalam dunia design diperlukan pemahaman lebih lanjut tentang design.

(Visited 344 times, 1 visits today)

JASA PEMBUATAN WEBSITE JASA PEMBUATAN SOFTWARE JASA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID