Tips membuat logo yang baik

Design by vectorpic in category Tutorial
Please Rate Our Design
[Total: 0 Average: 0]

 

 

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEMBUAT LOGO

Sekarang ini semakin banyak orang yang ingin bekerja tanpa perlu berangkat ke kantor, dan salah satu caranya yaitu melakukan banyak kontes-kontes digital seperti kontes desain. Namun, kontes desain yang dipilih kebanyakan kontes logo karena terlihat “sangat mudah”.

Nah, disini kita akan sedikit meluruskan dan memberikan tips untuk mendesain logo yang profesional dan apa saja yang perlu diperhatikan.

Logo adalah identitas dari suatu perusahaan/organisasi yang merupakan salah satu bagian terpenting dalam perusahaan. Logo yang baik akan mudah untuk diingat dan tidak memiliki usia (style tertentu) agar perusahaan tersebut tetap “terlihat” baik dimata konsumen atau organisasi lain yang bekerja sama dengan mereka.

Dari beberapa sumber, kita perlu memperhatikan komposisi warna yang baik untuk pembuatan logo kita. Seperti warna merah untuk kesan “berani”, biru untuk kesan “terpercaya”, dan lain-lain.

Dibawah ini adalah contoh salah satu logo yang baik dalam pemilihan warna.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Palang merah indonesia memilih wana merah yang terkesan “berani” dan tidak pandang pilih manusia atau medan untuk membantu korban yang sakit atau butuh pertolongan dalam segi medis.

Logo minuman energi redbull yang memilih warna merah pada banteng dan kuning sebagai matahari, memperlihatkan kekuatan yang didapat untuk melakukan aktivitas. Dengan kemasan yang berwarna biru, berkesan minuman ini ditujukan untuk pria (bukan berarti terbatas untuk pria) yang “jantan”.

Selain warna, perlu kita lihat bentuk dari logo itu sendiri. Logo yang baik akan terlihat unik dalam bentuknya, namun “eye catching” atau sangat nyaman dilihat dan mudah dikenali.

Dalam dunia desain, simple adalah sesuatu yang memiliki nilai lebih. Namun, membuat desain logo yang simpel itu bukanlah perkara yang mudah. Kita perlu melihat kebutuhan logo yang diperlukan klien tanpa mengurangi esensi bentuk yang sederhana.

 

 

 

 

 

 

 

 

(gambar dari companyfolders.com)

Jika kita lihat gambar ini, mata kita akan mudah mengingat logo tersebut. Selain itu, logo tersebut juga menyampaikan makna dari konsep organisasi/perusahaan mereka tanpa perlu dijelaskan dengan kata-kata.

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam mendesain logo adalah konsistensi dalam mendesain logo itu sendiri. Konsistensi disini adalah keterikatan bentuk suatu logo dengan brand dari produk tersebut. Logo yang memiliki terlalu banyak detail, akan mengurangi nilai dari logo itu sendiri, dan mengurangi konsistensinya.

Contoh logo yang konsisten

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(sumber: companyfolders.com)

Logo microsoft memiliki konsistensi dalam hal white space (ruang kosong) yang akan mempermudah konsumen untuk melihat logo tersebut. Jika dibandingkan BLE company, dia memiliki konsistensi yang kurang baik dalam white space dan membuat kita kurang memperhatikan logonya, dibanding tulisannya.

Hal lain juga ditunjukkan pada bentuknya, berupa logo dengan konsistensi bentuk lingkaran. Dalam logo GE, terlihat logonya menyatu dengan media lingkarannya. Selain itu, logo JCP yang berbentuk kotak tidak merusak keseimbangan logo dengan makna konsep logonya.

Nah, itu adalah tiga hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam membuat logo. Pembuatan logo tidaklah semudah yang dikira, karena perlu memperhatikan hal-hal tersebut agar si perusahaan/organisasi dapat menarik perhatian target yang dituju. Dalam pembuatan logo ada istilah KISS yang berarti Keep It Simple Stupid.

Sebenarnya, masih banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membuat logo yang baik seperti keunikan, mudah beradaptasi di zaman maupun tempat manapun, dan lainnya, namun akan sulit jika semua dijelaskan pada satu artikel saja.. yang pasti tetaplah semangat dalam berkarya!

(Visited 127 times, 1 visits today)




Facebook Comment

Other Tutorial Design

Vectorpic Selection Design

Our Design