Tips Memilih Warna Untuk Desain Dan Logo

Design by vectorpic in category Tutorial
Please Rate Our Design
[Total: 0 Average: 0]

 

 

Warna merupakan hal terpenting dalam mendesain, terutama logo. Warna juga merupakan hal tersulit untuk ditentukan pada proses mendesain, karena kita perlu memperhatikan komposisi, target audiens, hingga keteraturan saat dilihat oleh mata orang lain. Disini kita akan membahas tips memilih warna agar dapat menarik perhatian orang yang melihatnya.

1. Perhatikan target audiens

Audiens atau orang-orang yang menjadi target utama dari desain yang ditujukan, tidak dapat disamakan. Namun, dapat terus berkembang berdasarkan jamannya. Warna yang cocok untuk target audiens bisa diambil berdasarkan usia, jenis kelamin, maupun kondisi lingkungan sekitarnya. Seperti contoh warna pada logo redBull yang pada post http://vectorpic.com/tips-membuat-logo-yang-baik.html , warna merah merupakan warna yang mencerminkan keberanian, dan mereka menargetkan pria remaja, sehingga desain kemasannya mengambil warna biru.

Warna untuk usia anak-anak perlu terlihat mencolok dan berwarna-warni, untuk menarik perhatian mereka, seperti buku cerita dibawah ini.

(Ugly Duckling Kids Storybook)

Warna yang disajikan sangat beragam, namun tetap memperlihatkan keharmonisan. Karakter dan efek tulisan dapat menarik perhatian anak kecil, sehingga mereka akan lebih tertarik membeli buku tersebut.

2. Warna background

Warna yang ada pada latar fokus desain atau logo kita, merupakan salah satu faktor penting. Latar belakang warna akan berpengaruh pada fokus orang-orang untuk melihat objek yang kita ingin tunjukkan. Latar belakang warna dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis, yaitu

Warna solid

Logo yang dicontohkan diatas memiliki latar belakang warna solid. Latar tersebut tidak diberikan efek apapun, jadi sebaiknya logo atau desain yang difokuskan harus terlihat lebih kompleks, sehingga orang lebih tertarik melihat desainnya dibandingkan latarnya.

Warna gradient

Warna background dengan gradien, akan lebih mempercantik desain dan mengajak fokus visual orang-orang untuk melihat objek yang kita ingin sampaikan. Misal di contoh logo tersebut, mata kita akan lebih tertuju pada fokus objek logo tersebut.

Textured background

Latar belakang yang memiliki tekstur, akan membuat semakin kompleks. Maka objek yang mau kita tunjukkan perlu dibuat sesimpel mungkin, sehingga menjadi daya tarik dan fokus utamanya. Textured background ini tidak sepenuhnya harus berupa pattern (pengulangan), tapi bisa juga berupa grain, grunge, dan lain-lain.

Textured + gradient

Tekstur dengan efek gradien, akan terlihat lebih kompleks lagi, namun sama seperti gradien, fokus akan ditunjukkan pada objek desain kita.

Selain keempat hal tersebut, pewarnaan background sangat penting. Warna background harus tidak lebih mencolok dibandingkan warna objek yang ingin kita persembahkan. Warna background yang terang sangat cocok untuk objek yang lebih gelap seperti keempat contoh logo diatas. Sebaliknya, logo yang terang sangat baik jika background lebih gelap.

3. Harmoni warna

Warna yang ditentukan pada desain kita juga perlu memiliki keharmonisan. Biasanya untuk logo, lebih baik diberikan satu warna saja. Namun, jika ingin menambah warna, usahakan maksimal hanya memiliki 3 warna saja.

(bukan berarti lebih dari 3 warna akan merusak keharmonisan, seperti logo google)

Warna kuning merupakan warna yang cocok dihubungkan dengan banyak jenis warna lainnya.

(logo smartfren)

Contoh logo smartfren ini, sangat cocok dipadukan warna merah.

(logo IKEA)

Logo IKEA juga memiliki wana kebalikan dari warna merah, namun tetap cocok saat dipadukan dengan warna kuning.

Kita mungkin sering bingung memilih warna yang tepat untuk desain logo kita, dan solusinya kita dapat melihat inspirasi dari lingkungan sekitar (contoh perpaduan warna hijau daun dan coklat batang pohon), ataupun dengan mengunjungi website-website yang menyediakan komposisi warna seperti

http://www.colourlovers.com/palettes atau http://paletton.com/

Penulis : Wawan Hermawan

(Visited 156 times, 1 visits today)




Facebook Comment

Other Tutorial Design

Vectorpic Selection Design

Our Design