6 Tips Membuat Photo Book untuk Portofolio dan Dokumen Pribadi

Hasil gambar untuk photo book

(Sumber: Google Image)

Perkembangan fotografi menjadikan keinginan memamerkan hasil jepretan semakin meningkat. Tak hanya mengunggah di media sosial, membuat photo book juga mulai dilirik untuk menampilkan koleksi foto yang dimiliki.

Di samping sebagai koleksi dan kenang-kenangan, photo book juga dapat dijadikan sebagai portofolio. Nantinya kamu dapat menunjukkan kepada klien bagaimana hasil kerjamu di berbagai bidang seperti fotografi dan dekorasi pesta.

Untuk membuat photo book, berikut ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

1. Memilih Foto

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu memilih foto terbaik untuk dicetak. Pilihlah foto yang akan dicetak dengan seksama. Foto yang dipilih pastinya memiliki tampilan menarik, merupakan momen yang berharga, serta mempunyai resolusi gambar yang bagus.

2. Membuat Caption yang Tepat

Caption dapat menjadikan photo book lebih menarik. Dalam membuat caption, kamu memerlukan kreativitas. Kamu bisa memasukkan kutipan-kutipan yang unik dari publik figur, cerita di balik foto, atau deskripsi momen ketika foto itu diambil.

3. Menentukan Konsep Photo Book

Hasil gambar untuk photo book

(Sumber: Google Image)

Ingin menghasilkan photo book yang bagus, kamu perlu membuat sebuah konsep terlebih dahulu. Misalnya, jika kamu sudah menentukan tema vintage, jangan masukkan foto yang berasal dari tema lainnya.

4. Memilih Desain

Sebelum mencetak photo book, kamu perlu memilih desain terlebih dahulu. Mulai dari tata letak hingga pengkategorian foto sehingga hasilnya lebih bermakna.

5. Menentukan Ukuran

Tentukan ukuran yang kamu inginkan. Pilihlah ukuran sedang, tidak terlalu besar atau kecil, sehingga kamu mudah menyimpannya.

6. Menggunakan Software Photo Book Editor

Menggunakan perangkat lunak khusus untuk mengedit photo book, kamu bisa menyiapkan bahan dengan cepat dan murah, serta menghasilkan photo book yang lebih baik. Inilah photo book editor yang bisa kamu gunakan secara gratis.

1. FlipHTML5

Hasil gambar untuk FlipHTML5

(Sumber: Google Image)

FlipHTML5 merupakan photo editor yang mudah digunakan serta dapat menghasilkan photo book berkualitas. Hanya dalam hitungan menit, kamu bisa menghasilkan album foto menarik dari format PDF ke HTML5. Di dalam situs edit foto online ini, kamu bisa menikmati beragam fitur menarik lainnya yang bisa diakses lewat Windows, Mac, dan ponsel.

2. Smiley Hippo

Smiley Hippo menawarkan pengalaman membuat album foto yang mudah dan menyenangkan. Software ini bisa diunduh atau digunakan secara online tanpa biaya. Dengan perangkat lunak ini, kamu tidak perlu membuat layout, mask, dan bingkai sendiri, karena sudah ada template yang disediakan. Secara instan, kamu bisa menghasilkan album foto yang menarik.

3. PrestoPhoto

PrestoPhoto merupakan tempat di mana kamu dapat menghasilkan photo book dengan desain dan warna yang diinginkan. Software gratis ini tidak memerlukan keterampilan tinggi untuk mengoperasikannya. Cukup gunakan mouse untuk menggeser dan memindahkan foto, teks, serta aksesori lainnya ke dalam halaman untuk membuat album foto yang sempurna.

4. DgFlick

DgFlick menawarkan tata letak yang berbeda untuk mengatur photo book yang luar biasa. Di dalamnya terdapat fitur canggih yang dapat menempatkan foto secara otomatis ke dalam halaman, sehingga terlihat lebih atraktif. Selain itu, cara mengedit juga sangat mudah dan cepat. Dengan satu klik, kamu bisa mengaplikasikan tema dan menambahkan dekorasi yang disukai ke dalam album foto.

5. Mobissue

Mobissue merupakan perangkat lunak yang memungkinkan kamu mengerjakan proyek photo book dengan mudah. Di dalamnya terdapat editor animasi HTML5 yang dapat membantu kamu mengatur foto.

Nah, itulah tips membuat photo book yang menarik untuk portofolio, promosi, ataupun dokumentasi pribadi.


Facebook Comment

JASA PEMBUATAN WEBSITE JASA PEMBUATAN SOFTWARE JASA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID