9 Tips Desain Banner yang Efektif untuk Pemasaran

Hasil gambar untuk simple banner for marketing

(Sumber: Google Image)

Banner merupakan salah satu alat promosi yang jitu untuk menarik minat publik. Umumnya banner yang digunakan yaitu roll up banner dan X banner. Model banner apa pun yang digunakan tidak begitu berpengaruh, melainkan desainnya. Simak tips desain banner yang dapat Anda coba.

1. Tempatkan Logo di Bagian Paling Atas

Letakkan logo pada bagian teratas. Pasalnya posisi paling atas biasanya sejajar dengan mata manusia. Bagian paling atas memiliki peluang tinggi untuk menarik perhatian. Maka, letakkan elemen-elemen terpenting dalam banner Anda di bagian paling atas.

2. Letakkan Tulisan Seperlunya

Hasil gambar untuk simple roll banner for marketing

(Sumber: Google Image)

Untuk membuat tata letak banner yang baik, kurangi penggunaan tulisan. Banner yang terlihat padat akan membuat orang malas membacanya. Tempatkan tulisan secara singkat, padat, dan informatif dalam banner Anda.

Selain itu, perhatikan jenis dan ukuran huruf dalam membuat banner. Jangan terlalu banyak menggunakan jenis huruf agar tidak mengganggu perhatian ketika membacanya. Perhatikan juga ukuran huruf, pastikan proporsional dan dapat dibaca dengan jelas.

3. Gunakan Kata-kata yang Menarik

Pilihan kata-kata yang menarik dapat membuat orang memandang banner Anda. Gunakan kata-kata yang mampu menggugah rasa ingin tahu, sehingga mereka bersedia mendatangi banner dan membaca informasi di dalamnya.

4. Gunakan Gambar dengan Resolusi Tinggi

Untuk menghasilkan banner yang nyaman dibaca, kamu bisa memilih ukuran antara 300 x 250 hingga 728 x 90 piksel. Pilih ukuran yang sesuai dan mampu menampung informasi yang ingin disampaikan.

Jika ingin memasukkan gambar ke dalam banner, gunakan yang beresolusi tinggi. Terutama untuk gambar produk yang Anda jual. Apabila gambar yang digunakan berukuran kecil atau tidak berkualitas tinggi, kemungkinan akan pecah bila dicetak pada banner. Akibatnya, tampilan banner menjadi cacat dan tidak menarik. Setelah selesai mendesain, simpan dalam ukuran high definition agar hasil cetaknya bagus.

5. Tentukan Pemilihan Warna yang Tepat

Memilih warna yang tepat akan menjadikan banner Anda tampak menonjol di tengah keramaian. Warna yang dapat menarik perhatian antara lain merah, oranye, dan kuning. Banner yang bagus maksimal menggunakan 3 warna dominan. Perhatikan juga cara memadukan warna agar hasilnya tampak serasi.

Akan tetapi, pemilihan warna juga mesti disesuaikan dengan identitas perusahaan atau produk yang ingin Anda pasarkan. Pertimbangkan kombinasi warna latar belakang dan tulisan agar hasilnya bagus dipandang.

6. Perhatikan Bahan Banner

Bahan banner juga harus Anda perhatikan. Sebelumnya, Anda harus mengetahui di mana banner akan dipasang. Karena lokasi pemasangan akan memengaruhi pemilihan bahan yang sesuai. Misalnya untuk dalam ruangan, bahan yang cocok yaitu albatros, sedangkan untuk luar ruangan bahan yang paling sesuai ialah flexi.

7. Masukkan Kontak yang Dapat Dihubungi

Salah satu hal penting dalam banner yaitu detail kontak perusahaan atau nara hubung. Detail kontak sangat penting, terutama jika Anda menginginkan mereka menjalin komunikasi di luar acara promosi. Jika pengunjung pameran atau siapa saja yang melihat banner Anda ingin mencari informasi lebih lanjut, mereka dapat mencatat nomor kontak dan menyimpannya.

8. Buat Desain yang Sederhana

Hasil gambar untuk simple banner for marketing

(Sumber: Google Image)

Pembuatan banner ditujukan untuk menyampaikan informasi. Jika desain yang kamu buat terlalu ramai, informasi yang disampaikan menjadi samar. Maka, sebaiknya kamu buat desain yang sederhana tetapi menarik. Berikan gambar dan tulisan secukupnya agar tidak mengganggu pandangan.

9. Tambahkan Batas Frame

Sebelum banner dicetak, pastikan hasil desainmu memiliki batas frame. Tujuannya agar tidak ada bagian desain yang terpotong ketika dicetak.

Itulah tips desain banner yang menarik dan efektif untuk pemasaran. Semoga dengan tips di atas, kamu bisa menghasilkan banner yang lebih baik.


Facebook Comment

JASA PEMBUATAN WEBSITE JASA PEMBUATAN SOFTWARE JASA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID