ASAL-MULA DAN PERKEMBANGAN TELEPON

Telepon merupakan salah satu alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara. Telepon beroperasi menggunakan sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga pengguna telepon dapat berkomunikasi dengan pengguna lainya.

 

Sejarah Telepon

Pada tahun 1871 ,  Antonio Meucci mematenkan penemuanya yang disebut dengan “ Sound Telegraph “. Dulu penemuanya itu  digunakan untuk berkomunikasi dalam bentuk suara antara dua orang dengan menggunakan kabel sebagai perantara.

Seiring berjalanya waktu pada tahun 1875 perusahaan telekomunikasi “ The Bell “ mendapatkan hak paten atas penemuan Antonio Meucci yang disebut “ Transmitters and Receivers for Electrical Telegraphs “. Sistem ini menggunakan getaran multiple baja untuk memberikan jeda pada sirkuit.

Tahun berikutnya 1876 , Perusahaan “ The Bell “ mematenkan “ Improvement in Telegraphy “. Sistem ini memberikan metode untuk mentransmisikan suara secara telegraf.

Pada tahun 1877 ,  Alexander Graham Bell terus memantau produktivitas perusahaan “ The Charles Williams Shop “ ( dimana telepon pertama kali dibuat ) tersebut sehingga pada akhir tahun sebanyak 300 telepon dapat digunakan. Perusahaan “ The Bell “ juga telah mematenkan telepon electro-magnetic yang menggunakan magnet permanen , diafragma besi dan dering panggilan.

Selanjutnya tahun 1878 , perusahaan “ The Bell “ mempunyai 10.000 telepon yang terhubung melalui sebuah saluran pertukaran dan dapat digunakan.

Tahun 1880 , Sirkuit Metalic pertama dipasang. Sirkuit ini merupakan pembaharuan dari sirkuit one wire menjadi two wire. Pembaharuan ini mengurangi gangguan bagi pengguna jalur one wire.

Telepon dengan nomor dial pertama kali digunakan pada tahun 1891. Telepon otomatis akan menghubungkan penelepon keoperator dengan menekan nomor dial.

Pada tahun 1915 , telepon dengan sistem wireless pertama kali digunakan. Sistem ini memudahkan pengguna telepon untuk saling berhubungan lintas negara.

 

Perkembangan Telepon

1.Telepon Bell ( Tahun 1876 )

          Telepon pertama yang dibuat oleh Alexander Graham Bell. Produk ini merupakan percobaan laboratorium . Jarum transmisi dan asam sulfat menghasilkan getaran suara kepenerima gelombang elektromagnetik.

( sumber gambar : googleimage )

 

2.Telepon Gower Bell ( Tahun 1880 )

        Telepon ini didesain oleh Frederic Allan Gower. Telepon yang sedikit dimodifikasi dari Liquid Transmitter kepunyaan Bell. Gower Bell sempat menjadi telepon standar British Post Office selama beberapa tahun.

( sumber gambar : googleimage )

 

3.Telepon Umum Koin Pertama ( Tahun 1889 )

        Telepon publik dengan memasukan koin sebelum melakukan panggilan.

( sumber gambar : googleimage )

 

4.Telepon Skeletal ( Tahun 1890 )

        Bentuk telepon mulai berubah dan berkembang. Telepon sebelumnya mendengar dan berbicara dilakukan diperangkat yang sama. Sedangkan telepon ini harus menggunakan perangkat yang berbeda.

( sumber gambar : googleimage )

 

5.Telepon Strowger ( Tahun 1905 )

        Adalah sistem pertukaran telepon saklar elektromekanik pertama yang sukses. Telepon ini dikembangkan oleh Strowger Automatic Telephone Exchange Company yang didirikan pada tahun 1891 oleh Almon Brown Strowger.

( sumber gambar : googleimage )

 

6.Telepon Frankfut “ Bauhaus “ ( Tahun 1925 )

Telepon yang diperkenalkan pada 4 Januari 1925. Jenis telepon putar pertama didunia.

( sumber gambar : googleimage )

 

7.Telepon Mobil ( Tahun 1960 )

        Pada era ini , telepon mampu beradaptasi dan berintegrasi dengan mobil menggunakan kabel. Dikenal dengan Mobile Telephone System A.

( sumber gambar : googleimage )

 

8.AT & T Picturephone ( Tahun 1970 )

        Merupakan telepon pertama yang dapat mengirimkan gambar si penerimanya atau sering disebut Videophone.

( sumber gambar : googleimage )


Facebook Comment

JASA PEMBUATAN WEBSITE JASA PEMBUATAN SOFTWARE JASA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID