AWAL BERDIRINYA NOKIA

Nokia Corporation merupakan perusahaan yang memproduksi peralatan telekomunikasi terbesar di dunia dan sekaligus perusahaan terbesar di Finlandia. Berkantor pusat di Kota Espoo , Finlandia. Nokia Corporation sangat dikenal dengan produk-produk telepon genggamnya.

Sejarah

          Nama Nokia berasal dari sebuah komunikasi yang hidup di Sungai Emakoski di Finlandia selatan. Pada tahun 1865 , Nokia didirikan oleh Fredik Idestam sebagai perusahaan penggilingan kayu. Di awal abad ke-20 , perusahaan karet Finlandia mendirikan pabriknya dikawasan Nokia dan menggunakan merk Nokia juga.

Fredrik Idestam

( sumber gambar : googleimage )

          Setelah perang dunia I , perusahaan karet Finlandia mengakui sisi perusahaan penggilingan kayu ( Nokia ) dan perusahaan kabel Finlandia. Tahun 1967 , ketiga perusahaan tersebut digabung menjadi Nokia corporation dan menjadi pabrik bubur kayu serta pembuat kertas pada tahun 1920.

          Tahun 1950-an , pertumbuhan sektor bubur kayu dan kertas semakin terbatas sehingga dibangun divisi elektronik di pabrik kabel Helsinki , disitulah cikal bakal sektor seluler dimulai. Setelah 15 tahun dalam masa percobaan , akhirnya keterampilan dan ahli berbakatpun terkumpul. 5 tahun setelah percobaan ( tahun 1970-an ) , Nokia dan Salora ( pabrik pembuat televisi ) bergabung guna mengembangkan telepon seluler atau telepon genggam.

          Pada tahun 1980-an , Salora menyatu menjadi Nokia. Namun, usaha yang dilakukan Nokia tidak selalu berjalan dengan sukses. Ditahun yang masih sama , Nokia membeli pabrik televisi Jerman , tetapi tidak berjalan mulus sehingga terpaksa ditinggalkan.

          Awal tahun 1981, Nokia berhasil meluncurkan produk jaringan sosial pertama didunia yang diberi nama NMT ( Nordic Mobile Telephony ) yang juga mendapat sambutan dari sejumlah negara.

          Kemudian diawal tahun 1990-an , Nokia fokus pada telepon seluler serta jaringan telepon , sebab Nokia sempat mengalami kritis. Pada tahun 1991 , Nokia menghasilkan telepon GSM pertama di dunia dan saat itu Nokia juga menjadi produk nomor satu.

          Tahun 1994 , sebanyak 500 ribu unit ponsel Nokia berhasil dijual di 130 negara dengan tenaga kerja sebanyak 54 ribu.

          Pada 3 september 2013 , Microsoft berencana membeli bisnis Nokia dengan nilai 79 triliun.


Facebook Comment

JASA PEMBUATAN WEBSITE JASA PEMBUATAN SOFTWARE JASA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID