AWAL TERBENTUKNYA INTERNET

Internet ( Interconnection-Networking ) adalah seluruh jaringan komunikasi yang menggunakan media elektronik dan saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite ( TCP/IP ). Fungsi dan manfaat internet itu sendiri ialah untuk media informasi , alat komunikasi , sarana pendukung kegiatan pendidikan , sarana pendukung kegiatan ekonomis dan sarana hiburan.

Sebelum internet muncul , telah ada beberapa sistem komunikasi yang berbasis digital. Salah satunya adalah sistem telegram yang sering dianggap sebagai pendahulu internet. Sistem ini muncul pada abad ke-19 atau lebih dari seratus tahun sebelum internet digunakan secara meluas pada tahun 1990-an.

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Melalui proyek ARPA yang mengembangkan jaringan bernama ARPANET      ( Advanced Research Project Agency Network ) dengan hardware dan software komputer berbasis UNIX.

Tujuan awal dibangunya ARPANET adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat ( US Department of Defense ) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi bila ada serangan nuklir dan informasi terpusat , serta apabila terjadi perang mudah dihancurkan.

Mulanya ARPANET hanya menghubungkan empat situs saja yakni Stanford Research Institute , University of California , Santa Barbara dan University of Utah. Mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969. ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Kemudian ARPANET berkembang pesat diseluruh dunia. Dan semua Universitas di Negara ingin bergabung sehingga ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh karena itu ARPANET dipecah menjadi dua , yaitu “ MILNET “ untuk keperluan militer dan “ ARPANET “ untuk keperluan non militer seperti Universitas. Gabungan kedua jaringan itu dikenal dengan nama “ DARPA Internet “ dan kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengguna internet adalah :

1.WWW ( World Wide Web )

( sumber gambar : googleimage )

Layanan internet yang paling banyak dikenal orang dan perkembangan teknologinya paling cepat. Layanan ini menggunakan link hypertext serta berisi suara , gambar , animasi , teks dan program perangkat lunak. Pengguna dapat melihat WWW ( World Wide Web ) dari browser.

 

2.E-Mail

( sumber gambar : googleimage )

Kini email tidak hanya berisi teks tetapi sudah bisa dilampiri grafik , gambar , foto , suara dan animasi. Bahkan sekarang meskipun sedang tidak online masih bisa menerima email dari manapun.

 

3.Telnet

( sumber gambar : googleimage )

Untuk mengakses remote komputer yang terletak ditempat lain.

 

4.Gopher

( sumber gambar : googleimage )

Adalah program berbasis teks yang digunakan untuk mem-browser menu internet pada server Gopher. Manfaat Gopher ialah user tidak perlu mengetahui alamat pada komputer yang akan diakses.

 

5.FTP ( File Transfer Protocol )

( sumber gambar : googleimage )

Layanan internet untuk melakukan transfer file antara pengguna komputer dengan server diinternet.

 

6.Chatting

( sumber gambar : karya freepik https://www.freepik.com/free-vector/chat-speech-bubble-icon_761194.htm )

Untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap menggunakan teks melalui internet.

 

7.Browsing

( sumber gambar : googleimage )

Berfungsi menampilkan situs atau website untuk mencari informasi. Program yang digunakan adalah Intenet Explorer , Mozilla Firefox , Opera , Google Chrome dll.

 

8.Newsgroup

( sumber gambar : googleimage )

Fasilitas untuk diskusi jarak jauh. Dapat memberikan pendapat dan tanggapan melalui internet.


Facebook Comment

JASA PEMBUATAN WEBSITE JASA PEMBUATAN SOFTWARE JASA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID