BAGAIMANA AWAL BERDIRINYA YOUTUBE

YouTube merupakan situs web berbagi video ( video Sharing ) yang marak digunakan oleh para penggunanya untuk mengunggah , menonton dan berbagi video klip. YouTube dibuat oleh Chad Hurley , Steve Chen dan Jawed karim pada Februari 2005. Perusahaan YouTube berkantor pusat di San Bruno , California.

 

Sejarah

YouTube didirkan pada tahun 2005 oleh Chand Hurley , Steve Chen dan Jawed Karim. Sebelumnya mereka adalah karyawan dari perusahaan PayPal. Ide diciptakannya YouTube yaitu saat Chand Hurley dan Steve Chen kesulitan berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Fransisco.

Chand Hurley , Steve Chen dan Jawed Karim

( sumber gambar : google image )

Kantor pertama YouTube berada diatas sebuah Pizzeria dan Restoran Jepang di San Mateo , California. Dulu YouTube berawal dari perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi $ 11,5 juta dari Sequoia Capital pada November 2005 – April 2006. Nama domain YouTube www.youtube.com aktif pada 14 Februari 2005 dan dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.

Video pertama diYouTube berjudul “ Me at the zoo ” yang menampilkan Jawed karim di San Diego zoo. Diunggah pada 23 April 2005 dan sekarangpun situs itu masih ada.

Pertumbuhan YouTube sangat pesat pada Juli 2006. YouTube mengumumkan bahwa setiap hari lebih dari 65.000 video diunggah dan menerima 100 juta kunjungan video per hari. YouTube juga sebagai penyedia video daring utama di Amerika Serikat dengan pangsa pasar 43 persen lebih dan setiap bulanya menerima 800 juta kunjungan unik.

Pemilihan nama domain YouTube www.youtube.com bermasalah dengan situs yang bernama serupa yaitu www.utube.com. Pemilik situs tersebut menuntut hukum YouTube pada November 2006 sesudah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari YouTube. Sejak itu situs tersebut mengubah namanya menjadi www.utubeonline.com.

Pada Oktober 2006 , Google Inc mengumumkan telah membeli YouTube dengan harga $ 1,65 miliar dalam bentuk saham. Yang disetujui pada 13 November 2006. Pengunjung YouTube rata-rata menghabiskan 15 menit untuk menonton video dalam sehari , berbeda dengan warga Amerika Serikat yang menggunakan 4-5 jam sehari untuk menonton televisi.

YouTube bekerja sama dalam pemasaran dan periklanan pada Juni 2006 dengan NBC dan November 2008 , YouTube membuat persetujuan dengan MGM , Lions Gate Entertainment dan CBS untuk mengizinkan mereka mengunggah film dan episode televisi yang berdurasi penuh serta kotak iklan khusus di situs itu.

Bulan Januari 2010 , YouTube memperkenalkan layanan sewa film daring. Kini hanya tersedia bagi pengguna di Amerika Serikat , Kanada dan Britania Raya yang menawarkan 6000 film lebih.

Pada 31 Maret 2010 , YouTube meluncurkan desain situs baru yang bertujuan untuk menyederhanakan antarmuka dan meningkatkan waktu yang dihabiskan oleh pengguna disitus ini.

Mei 2010 , YouTube mengumumkan telah melayani 2 miliar lebih video perhari.

Bulan Mei 2011 , YouTube mengumumkan situsnya menerima 3 miliar lebih kunjungan perhari dan pada Januari 2012 , jumlahnya naik menjadi 4 miliar perhari.

Pada November 2011 , Google+ bergabung langsung dengan YouTube dan Web Chrome , sehingga video-video dari YouTube dapat ditonton di Google+  dan Web Chrome.


Facebook Comment

JASA PEMBUATAN WEBSITE JASA PEMBUATAN SOFTWARE JASA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID