HISTORI SOFTWARE EDITOR GAMBAR VEKTOR “ INKSCAPE ”

Inkscape merupakan software editor gambar vektor yang bersifat bebas dibawah lisensi GNU-GPL. Tujuan utamanya sebagai perangkat grafik mutakhir yang berstandar XML , SVG dan CSS. Inkscape dirilis secara perdana pada 2 November 2003.

          Inkscape bersifat cross-platfrom , maksudnya dapat digunakan dalam beberapa sistem operasi yang berbeda-beda. Sistem operasinya berbasis Unix dan Microsoft Windows. Selain bersifat cross-platform inkscape juga bersifat multibahasa , terutama untuk antar muka dan skript rumit , sesuatu yang sering terlewatkan pada sebagian besar editor grafik vektor komersil.

Sejarah

          Inkscape dibangun pada tahun 2003 , bertujuan untuk fork atau mengembangkan software dari proyek Sodipodi ( sebuah piranti lunak komputer untuk menggambar atau menyunting gambar vektor ) , Sodipodi dikembangkan pada tahun 1999 sebagai dasar daripada Gill ( Gnome Illustration Aplication ).

          Fork dipandu oleh empat orang yang dulunya menjadi anggota Sodipodi , yaitu Ted Gould , Bryce Harrington , Nathan Hurst dan Mentalguy. Mereka sangat mengenali perbedaan tujuan , keterbukaan bagi kontribusi pihak ketiga dan tidak kesetujuan teknis dari proyek itu , dengan alasan untuk melakukan forking. Melalui inkscape mereka dapat fokus mengembangkan standar SVG secara lengkap. Tidak seperti Sodipodi yang hanya fokus pada editor grafik vektor. 

          Semenjak dikembangkannya fork , inkscape mengganti bahasa pemrogramannya dari C ke C++ , berubah ke GTK+ dan toolkit C++ bindings ( Gtkmm ). Lalu merancang ulang antarmuka pengguna dan menambah fitur baru.

          Karena ide slalu bermunculan dari para pengembang dan keterlibatan yang aktif didalam proyek itu. Alhasil proyek itu ditempatkan dalam kelas istimewa. Kemudian arsitek dari inkscape mengubah bentuknya menjadi seperti sekarang dengan berorientasi pada antarmuka pengguna grafik dari Xara Xtreme.

          Xara Xtreme berminat untuk mengajak kerja sama dengan inkscape sesudah Xara Xtreme meluncurkan rencana untuk merilis aplikasi pelukisan Xara Xtreme secara open source atau terbuka supaya kedua proyek tersebut dapat berbagai kode , usaha dapat terkoordinasi , serta dapat membuat editor grafik open source yang lebih hebat dari editor grafik vektor lainnya secara propritary.

          Tahun 2005 , inkscape telah ikut serta dalam Summer Of Code , program dari google dan pada tahun 2007 , sistem pencarian kesalahan pada inkscape telah ditanam di Sourceforge. Namun pada 21 November 2007 , menyatakan akan dipindah ke Launchpad.


Facebook Comment

JASA PEMBUATAN WEBSITE JASA PEMBUATAN SOFTWARE JASA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID