ISTILAH DALAM DESAIN GRAFIS YANG WAJIB DESAINER KETAHUI

Apa aja sih istilah-istilah yang wajib desainer ketahui. Penasaran kan ? Apalagi para desainer , pastinya tambah penasaran. Yuk baca aja artikel yang satu ini.

Istilah-istilah dalam desain grafis :

 

1.)    Vector dan Raster

( sumber gambar : googleimage )

          raster atau bitmap adalah gambar yang terbuat dari susunan piksel warna atau susunan titik-titik warna. Sedangkan Vector yaitu gambar yang dibuat dengan poligon dalam komputer grafis. Software yang berbasis gambar raster atau bitmap antara lain Aviary , Adobe Photoshop , Corel PhotoPaint , GIMP dan Artrage yang berbasis Vector yakni Coreldraw , Macromedia Freehand , Corel Designer , Adobe Illustrator dan Xara Xtreme. Desain grafis yang dihasilkan gambar raster atau bitmap berformat .Bmp , .jpg atau .jpeg , .psd , .tif , .gif dll dan vector berformat .svg , .ai , .eps , .pdf dll. Gambar vector lebih dipilih para desainer karena lebih spesifikasi ketimbang gambar raster dalam pembuatan logo , ilustrasi dan gambar grafis lainnya.

 

2.)    RGB dan CMYK

( sumber gambar : googleimage )

          CMYK merupakan singkatan warna dari Cyan , Magenta , Yellow dan Black. Warna ini digunakan oleh percetakan untuk penyetingan warna dalam pembuatan poster, brosur dll. RGB yakni singkatan warna dari Red , Green dan Blue. RGB digunakan untuk pengaturan warna pada televisi , layar komputer atau monitor , smartphone dll. Jadi , perhatikan jika ingin melakukan penyetingan warna.

 

3.)    DPI dan PPI

( sumber gambar : googleimage )

( sumber gambar : googleimage )

          DPI ( Dost Per Inch ) adalah ukuran pencetakan spasial dan kerapatan titik pemindai video atau gambar. Semakin banyak inch maka kualitas gambar akan semakin bagus. Kadar inch suatu printing adalah 300 dpi. PPI ( Pixel Per Inch ) yaitu satuan yang menyatakan kepadatan piksel. Jika sebuah gambar diperbesar pada PhotoShop maka inch akan berkurang dan gambar tidak bagus. Resolusi itu hanya pada gambar raster.

 

4.)    Typography

( sumber gambar : googleimage )

( sumber gambar : googleimage )

          merupakan teknik memilih dan menata huruf dengan peraturan tertentu untuk menghasilkan kesan tertentu. Seorang desainer grafis harus pandai memilih huruf , entah itu huruf serif ataupun sans serif. Huruf serif adalah jenis huruf yang memiliki garis-garis kecil horizontal pada badan huruf. Sedangkan huruf sans serif adalah jenis huruf yang tidak memiliki garis-garis kecil horizontal pada badan huruf.

 

5.)    GRID

( sumber gambar : googleimage )

          adalah stuktur berupa garis vertikal , horizontal dan melengkung untuk membuat kerangka desain. Beberapa software desain grafis memiliki tampilan grid yang berbeda beda.

 

6.)    LOGO dan BRAND MARK

( sumber gambar : googleimage )

          logo adalah karya desain grafis yang kuat , pengertian logo itu sendiri merupakan identitas suatu perusahaan. Logo yang baik pastinya akan bertahan lama dan dikenal banyak orang. Logo berbeda dengan brand mark , brand mark yaitu simbol dan desain dari suatu produk.

Oke itulah pembahasan kali ini , terimakasih telah membaca dan selamat berkarya.


Facebook Comment

JASA PEMBUATAN WEBSITE JASA PEMBUATAN SOFTWARE JASA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID