Level karir seorang desainer grafis




dibawah ini adalah level berdasarkan pengamatan saya. Bukan jenjang yang baku, tapi bisa menjadi gambaran sederhana.
Starting
Pada tahap ini seorang desainer grafis masih belum memiliki penghasilan tetap. Karena belum memiliki tempat bernaung yang pasti, apakah akan menjadi employer, atau menjadi seorang seller. Dan masih mencari-cari pekerjaan yang tepat.
Beginer 
Pada tahap ini desainer sudah memiliki penghasilan pertamanya dan belum stabil datangnya. Sudah mulai berinteraksi dengan pekerjaan pertamanya. Umumnya pada tahap ini desainer masih agak canggung dan kaku. Masih cukup sering melakukan kesalahan karena masih dalam penyesuaian.Kurang lebih 6 bulan – 1 tahun.
Intermediate 
Pada tahap ini desainer sudah cukup berpengalaman bekerja. Sudah terbiasa dengan pekerjaannya, cekatan dan sudah memiliki penghasilan yang tetap. Sudah memahami alur proses pekerjaannya dan sudah mampu bekerja sama dengan tim. Kurang lebih 2-3 tahun bekerja, atau bisa lebih.
Advantage 
Pada tahap ini desainer sudah menyadari akan kebutuhan baru sebagai seorang pekerja profesional. Mulai menambah ilmu yang dibutuhkan dalam karirnya. Sudah siap dengan modal belajar berupa mental dan biaya investasi belajar. Mulai merapikan segala aspek legalitas sebagai desainer grafis. Juga perangkat pendukung yang legal. Dan sadar bahwa akan memulai lagi dari 0 ketika belajar. Kurang lebih di atas 5 tahun bekerja.
Owner/Mentor 
Pada tahap ini desainer sudah tidak lagi mengerjakan hal teknis. Karena sudah fokus mengatur tim atau hanya menjadi pengajar. Dan sepenuhnya pekerjaan desain sudah ditangani oleh anggota tim. Desainer hanya fokus ke hal strategis bagaimana menjaga keberlangsungan nasib karir dan timnya. Menurut saya idealnya sudah berpengalaman kerja 10 tahun ke atas.
Nah kenyataannya kita ini sering banget lompat2 dengan alasan ‘mengisi gelas yang kosong’, ‘mau jadi newbie forever’, atau hal yang merendah diri lainnya.
Tapi faktanya hidup itu terus berjalan, waktu terus bergulir. Dan kompetisi menjadi yang terbaik masih terus berlangsung.
Dan akibatnya jadi ga fokus, apakah mau pengembangan atau mau bekerja profesional.
Mungkin temen2 ada yang sudah sadar, tapi ada juga yang belum. Bisa jadi tulisan ini adalah teguran yang Sang Pencipta buat agar temen2 yang belum sadar, jadi tahu gimana kondisinya saat ini.
Nah, temen2 ada di tahap yang mana?


Penulis : Reza Pahlevi


Facebook Comment

JASA PEMBUATAN WEBSITE JASA PEMBUATAN SOFTWARE JASA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID