SEJARAH SOFTWARE GRAFIS ADOBE SYSTEM Inc.

Adobe System merupakan sebuah perusahaan software yang beroperasi atau bergerak  dibidang grafis , animasi , video dan pengembangan web. Adobe juga termasuk perusahaan software terbesar di dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1982 dan berpusat di San Jose , California , Amerika Serikat. Produk-produk Adobe yang terkenal dan mendunia adalah Photoshop , Flash dan Acrobat. Perkembangan Adobe sangat maju dan cepat dibeberapa tahun terakhir. Dan ditahun 2005 perusahaan Macromedia berhasil dibeli oleh Adobe.

Adobe didirikan oleh John Warnock dan Charles Geschke pada Desember 1982. Mereka mendirikan perusahaan Adobe setelah meninggalkan perusahaan Xerox PARC yang terletak di Palo Alto , California. Dalam rangka menjual dan mengembangkan PostScript bahasa deskripsi halaman. Nama dari Perusahaan Adobe diambil dari “ Adobe Creek “ di Los Altos , California. Yang artinya 14,2 mil aliran disepanjang utara yang berasal dari Black Mountain di Santa Clara Country , California , Amerika Serikat.

           John Warnock                    Charles Geschke

( sumber gambar : googleimage )      ( sumber gambar : googleimage )     

Logo perusahaan Adobe dibuat oleh istri John Warnock  , bernama Marva Warnock yang juga seorang design grafis. Produk pertama Adobe setelah PostScript adalah font digital yang disebut Type 1. Kemudian Apple membuat produk bersaing yaitu True Type yang menyediakan skabilitas penuh, kontrol yang tepat dan lisensi untuk Microsoft. Adobe  menanggapinya dengan menerbitkan Type 1 spesifikasi dan melespakan Adobe Type Manager. Tapi untuk menghentikan True Type pergerakanya sangat lambat. Meskipun Type 1 tetap standar di pasar penerbitan. True Type tetap menjadi standar bisnis dan pengguna Windows rata-rata.

          Marva Warnock ( Istri John Warnock )

               ( sumber gambar : googleimage )     

Pada tahun 1996 , Adobe dan Microsoft menginformasikan Open Type Format Font. Dan pada tahun 2003 Adobe menyelesaikan library jenis 1 yaitu Font Open Type.

Pertengahan tahun 1980-an , Adobe memasuki pasar pengguna software dengan Adobe Illustrator ( sebuah vektor berbasis program gambar ) untuk Apple Macintosh. Illustrator tumbuh dari perusahaan software font pengembangan. Ia membantu mempopulerkan Enabled PostScript Printer Laser. Berbeda dengan MacDraw. Macintosh ialah standar program gambar vektor  , sedangkan Illustrator penjelasanya lebih fleksibel dengan bentuk kurva bezier. Macintosh QuickDraw perpustakaan tidak akan digantikan oleh PostScript sampai Adobe merilis Adobe Type Manager.

Tahun 1989 , Adobe memperkenalkan produk unggulan dari perusahaan. Program editing grafis dari Macintosh disebut Photoshop. Photoshop stabil dan fiturnya lengkap. Photoshop 1.0 akan segera dipasarkan dan pastinya mendominasi pasar.

Pada tahun 1993 , Adobe memperkenalkan PDF ( Portable Document Format ). PDF menjadi Standar  Internasional : ISO 32000-1:2008. PDF juga diadopsi sebagai media untuk dokumen elektronik diseluruh dunia.

Salah satu langkah Adobe pada program Macintosh adalah gagal dalam mengembangkan DTP ( Dekstop Publishing ) program. Sebaliknya , Aldus pada tahun 1985 dengan Page Maker dan Quark pada tahun 1987 dengan Quark Xpress berhasil memimpin pasar DTP. Adobe juga lambat dalam mengatasi munculnya Windows di pasar DTP. Tetapi , Adobe membuat langkah besar dengan merilis InDesign yang dibundel Creative Suit. Kemudian Adobe merilis versi lengkap Illustrator untuk Steve Jobs naas’ NEXT Sistem. Namun versi buruk diproduksi untuk Windows.

Pada bulan Desember 1991 , Adobe merilis Adobe Premier Pro tahun 2003. Ditahun 1994 , Adobe mengakui sisi Aldus dan menambahkan Adobe Page Maker dan Adobe After Effects sebagai produk diakhir tahun.

Tahun 1995 , Adobe menambahkan Adobe Frame Maker , dokumen lama diaplikasi DTP dan Adobe juga mengakui sisi bingkai Technology Corp.

Pada tahun 1999 , Adobe memperkenalkan Adobe InCopy sebagai pesaing Quark Copy Desk.

Pada tahun 2010 , Perusahaan Adobe mempunyai 9.117 karyawan. Sekitar 40% diantaranya bekerja di San Jose , Kosta Rika. Adobe juga memiliki operasi pembangunan besar di Orlando , Seattle , San Fransisco , Lehi , Utah , Minneapolis , Waltham , Massachusetts , San Luis Obispo , California , Ottawa , Kanada , Hamburg , Jerman , Noida dan Bangalore , India , Bucharest , Rumania , Basel , Swiss dan Beijing , Cina.


Facebook Comment

JASA PEMBUATAN WEBSITE JASA PEMBUATAN SOFTWARE JASA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID