Software Desain Alternatif selain Illustrator dan CorelDraw

Hasil gambar untuk krita

(Sumber: Google Image)

Desain grafis merupakan cabang komunikasi yang menjadikan tampilan visual sebagai sarana menyampaikan pesan. Desain grafis tidak hanya menjadi kebutuhan perusahaan, melainkan organisasi, instansi, dan perorangan. Membuat desain berupa vektor umumnya menggunakan perangkat seperti Adobe Illustrator dan Corel Draw, tetapi sebenarnya masih banyak software desain alternatif yang bisa kamu gunakan, seperti berikut.

  1. Inkscape

Hasil gambar untuk inkscape

(Sumber: Google Image)

Dilihat dari kegunaannya, Inkscape hampir sama dengan Adobe Illustrator dan Corel Draw. Kelebihan dari perangkat lunak ini yaitu bersifat open source atau bisa didapatkan secara gratis. Selain itu, Inkscape cukup ringan dan dapat dipasang pada PC atau laptop biasa tanpa spesifikasi khusus. Jika sudah terbiasa dengan Illustrator, kamu akan sangat mudah menggunakan tools di dalamnya.

Inkscape bisa dioperasikan oleh komputer berbasis Unix, Mac, dan Windows. Software ini memiliki fitur tools untuk mengedit gambar vektor yang lengkap dan mendukung untuk berbagai jenis format file seperti .eps, PostScript, .jpg, .bmp, .png, dan .svg. Kekurangannya, kadang proses berjalan lebih lambat dibandingkan software desain lainnya.

  1. Macromedia Freehand

Macromedia Freehand merupakan perangkat lunak dari Adobe Corporation yang memiliki fitur lengkap dan mudah digunakan. Software ini dapat diandalkan untuk desain kalender, banner, brosur, atau katalog, serta buku. Fungsinya hampir sama dengan Corel Draw, tetapi memiliki tampilan antarmuka yang lebih ramah terhadap pemula.

  1. Xara Designer

Hasil gambar untuk xara designer

(Sumber: Google Image)

Xara Designer adalah perangkat lunak grafis yang dibuat khusus untuk mempermudah desain logo, poster, undangan, brosur, hingga pembuatan grafis untuk website. Software ini mampu mendukung file berukuran hingga 120 MB, serta kompatibel untuk berbagai format file seperti .bmp, .eps, .jpeg, .png, .psd, .cdr, dan .ai.

Perangkat lunak besutan Xara Xreme LX ini merupakan software bersifat open source yang dapat dioperasikan utamanya pada OS Linux. Software ini mudah digunakan serta memiliki tool foto yang terintegrasi dengan pengeditan foto manual dan otomatis.

  1. AAA Logo

Ingin mendesain logo, banner, header, atau button untuk web dengan cepat, kamu dapat menggunakan software AAA Logo. Perangkat lunak ini merupakan pilihan tepat untuk merancang logo dengan praktis. Di dalamnya terdapat lebih dari 500 template logo yang sudah disediakan oleh pengembang, sehingga kamu hanya perlu memilih dan mengedit logo yang tersedia untuk dijadikan logo baru.

Di dalam software ini juga terdapat 10.000 lebih ikon yang dapat digunakan bersamaan atau terpisah untuk dijadikan elemen dalam proyek yang kamu kerjakan. Untuk template yang tersedia, kamu bisa memilih tema seperti business, entertainment, cartoon, colorful, emblem, letter-based, dan illustrative styles.

Dengan menggunakan perangkat ini, kamu bisa menghasilkan logo dengan menggabungkan objek yang sudah ada dan mengeditnya. Tersedia juga fitur tambahan untuk memberikan warna, garis tepi, dan bayangan. Kamu juga dapat membuat efek 3D, pantulan, dan efek spesial lainnya.

  1. Krita

Satu lagi software open source yang dapat kamu manfaatkan untuk menghasilkan ilustrasi, animasi, dan gambar digital yaitu Krita. Krita telah digunakan oleh profesional, pelajar, dan penggemar desain. Perangkat lunak ini menawarkan fitur umum dan ditambah dengan fitur inovatif, sehingga dapat menjadikan kamu lebih produktif dalam bekerja. Fitur khusus di dalamnya meliputi sketching, painting, stabilizer, mode kanvas.

Nah, setelah mengetahui beberapa software desain alternatif di atas, kamu bisa mengeksplorasi salah satu atau semuanya untuk menambah keterampilan.


Facebook Comment

JASA PEMBUATAN WEBSITE JASA PEMBUATAN SOFTWARE JASA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID