TELEVISI JUGA PUNYA SEJARAH

Siapa yang tidak tahu “ TELEVISI ” pada jaman sekarang ini , telah banyak  pengguna televisi diseluruh dunia. Baik dari anak kecil , anak muda dan orang tua. Televisi juga sangat dinikmati sebagai media hiburan. Selain sebagai media hiburan televisi juga dapat memberi informasi dari berbagai manca negara. Pengertian televisi itu sendiri adalah media telekomunikasi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara , baik hitam putih maupun berwarna. Kata televisi merupakan gabungan dari kata tele yang berarti jauh ( dari bahasa Yunani ) dan Visio yang berarti Penglihatan (dari bahasa latin) , sehingga diartikan menjadi “ alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media penglihatan  “.

 

Sejarah

Pada tahun 1873 , seorang operator telegram yang bernama Joseph May dari Valentina , Irlandia. Menemukan bahwa cahaya mempengaruhi resistensi elektrik selenium. Setelah beberapa waktu lamanya , yaitu tahun 1884 sebuah piringan metal kecil yang dapat berputar dengan lubang-lubang didalamnya dibuat oleh seorang mahasiswa 23 tahun dijerman yang bernama Paul Gottlieb Nipkow. Rancangan berikutnya adalah Mirror Drum berputar sebagai perekam gambar dan Tabung Sinar Katode ( CRT ) sebagai perangkat tampilan.

Tahun 1907 , Boris Rosing seorang ilmuwan Rusia , menggunakan Mirror Drum untuk mengirim gambar geometrik sederhana ke Tabung Sinar katode ( CRT ). Tetapi , untuk merekam gambar masih belum bisa dilakukan , sebab kepekaan detektor selenium yang rendah.

Pada tahun 1925 , John Logie Baird seorang penemu asal Skotlandia berhasil menunjukan cara memancarkan gambar bayangan bergerak di London.

Tahun berikutnya yaitu 1926 , John Logie Baird juga berhasil menunjukan gambar bergerak monokrom. Dengan demonstrasi televisi pertama yang dilakukan oleh John Logie Baird alhasil disetujui oleh dunia serta saat itu televisi mekanik sudah tidak digunakan lagi dan pada tahun itu juga seorang Insinyur Hungaria yaitu Kalman Tihanyi merancang televisi dengan perangkat pemindaian dan tampilan yang sepenuhnya elektronik , serta menggunakan “ penyimpanan isi “ didalam tabung pemindai atau “ kamera “.

Pada tahun 1927 , John Logie Baird lagi-lagi menemukan rekaman video pertama didunia. “ Phonovision ” namanya , adalah modulasi sinyal Output kamera TV kedalam audio. Alat tersebut dapat merekam sinyal pada cakram audio 10 inci ( 25 cm ) dengan menggunakan rekaman audio biasa dari sedikit rekaman “ Phonovision “ dan rekaman yang masih bertahan kemudian diproses menjadi gambar yang dapat dilihat menggunakan teknologi pemrosesan sinyal digital tahun 1990-an dan ditahun itu banyak penemu dari berbagai manca negara yang juga ikut berpartisipasi dalam mengembangkankan televisi , antara lain :

1.Leon Theremin , dari Rusia mengembangkan televisi dengan Mirror Drum yang menggunakan video terjalin untuk menghasilkan gambar 100 baris.

2.Herbert E. Ives dari Bell Laboratories di Amerika Serikat , mengirimkan gambar bergerak melalui cakram so-tingkap yang menghasilkan 16 gambar per menit dengan kabel , gelombang radio , dan layar penayang sebesar 24 x 30 inci ( 60 x 75 cm ).

3.Philo Farnsworth , membuat televisi pertama didunia dengan pemindai elektronik pada kedua perangkat tampilan dan pickup.

Tahun 1936 , pertam kalinya “ Olimpiade Berlin “ disiarkan ke stasiun televisi di Berlin dan Leipzig , dimana masyarakat dapat menyaksikan perlombaan tersebut dan Kalman Tihanyi menerangkan Televisi Plasma , yaitu sistem panel datar yang pertama. Pada masa awal televisi , kotak Televisi Elektromekanik dijual dari tahun 1928-1934 di Inggris , Amerika Serikat , dan Rusia. Televisi  pertama dijual oleh John Logie Biard di Britania Raya pada tahun 1928 dalam bentuk penerima radio ditambah komponen tabung neon. Televisi ciptaan John Logie Baird juga digunakan tanpa radio. Pemasaran radio Televisi masal pertama tahun 1930-1933. Kira-kira 1.000 televisi berhasil dijual. Kotak televisi elektronik diproduksi oleh “ Telefunken “ di jerman ( 1934 ) dengan tabung sinar katode . diikuti produsen elektronik yang lain di Perancis ( 1936 ) , Britania Raya ( 1936 ) dan Amerika serikat ( 1938 ).

Dua tahun berikutnya ( 1938 ) di Amerika , televisi berukuran 3 inci ( 7,6 cm ) dijual seharga 125 USD. Model termurah televisi berukuran 12 inci ( 30 cm ) adalah seharga  $445 , kira-kira sebanyak  19.000 televisi elektronik diproduksi di Britania 1.600 televisi di Jerman , 8.000 televisi di Amerika. Hingga akhirnya War Production Board terpaksa menghentikan produksi  TV pada  April 1942.

Pasca perang dunia II tahun 1945 , jumlah pemilik TV di Amerika meningkat sekitar 0,5% pada tahun 1954 , naik menjadi 55,7% pada tahun 1954 , dan naik lagi sampai 90 % pada tahun 1962. Serta di Britania , jumlah pemilik TV meningkat dari 15.000 pada tahun 1947 , kemudia 1,4 juta pada tahun 1952 , sampai 15,1 juta pda tahun 1968.

 

Jadi, seperti itulah sejarah Televisi. Bagi yang belum tahu ataupun sama sekali tidak tahu , setelah membaca artikel pastinya jadi tahu. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.


Facebook Comment

JASA PEMBUATAN WEBSITE JASA PEMBUATAN SOFTWARE JASA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID